Search

Percobaan Kimia 1

Rabu, 25 Februari 2009 0 komentar

Akhirnya setelah MOKIR 27 selesai dan CaKIR (calon KIR) 27 dilantik di 2 tempat berbeda pada hari yang sama , yakni hari Sabtu 17 Januari 2009, kegeitan Kelompok Ilmiah Remaja yang sesungguhnya dimulai ! (yeaah…!!)

Sesuai program kerja , Saturday, January 23rd 2009 kegiatan pertama tahun ini dilaksanakan.

Sekitar pukul 08:00 KIR angkatan 26 dan 27 berkumpul di labkim (labolatorium Kimia). Pembimbing kami, seorang guru Kimia serta Mulok sekaligus Pembina KIR, bu Endang, telah menyoapkan keperluan untuk percobaan. (Terimakasih bu, sudah membantu kami melaksanakan kegiatan ini =)





Mula-mula semua angakatn dibagi menjdai 4 kelompok (masing-masing angkatan 2 kelompok). Percobaan Kimia pertama membuat larutan dengan molaritas tertentu. Salah satu larutan yang dibuat adalah CO (NH2)2 1M.




Alat-alat tiap kelompok sih umumnya sama, seperti neraca Ohaus, Breaker glass, sendok zat, pengaduk zat, gelas ukur 100 ml (tuap perwakilan kelompok mengambil alat dimeja yang memang sengaja dikosongkan untuk menaruh peralatan tersebut).



apa nih baca'a? kecil amat tulisannya dah!


Setelah itu masing-masing kelompok menghitung berapa gram zat yang diperlukan untuk 1 M zat (misal : CO (NH2)2 1M) untuk 200 ml air. Zat yang diukur beratnya dengan neraca Ohaus.merupakan zat padat / belum dicairkan (misal: urea padat à CO (NH2)2 (s) 1M).



WOI...! jangan ngobrol mulu duxx. bantuin gue napee.. eitsss.. ati ati tuh nimbangnya buu


Air 200 ml dimasikkan ke dalam breaker glass, terus zat padat yang udah ditimbang tadi dilarutkan deh di dalamnya dengan pengaduk. ^_^

Tiap kelompok diwajibin menyalin data percobaan serta menarik kesimpulan.

contoh data pengamatan dan kesimpulan :

* karena alat bahan & langkah udh disebutin diatas, jd byr ringkas cuma ini yg ditulis..

Mr CO (NH2)2 1 M = 60

Mr CO (NH2)2 1 M = 1 M

V H2O = 200 ml = o,2 mol

--> n CO (NH2)2 = M . V = (1M) (0,2 l) = 0,2 mol

gr CO (NH2)2 yang dibutuhkan = n . Mr

= (0,2 mol) (60)

= 12 gr


Kesimpulan :

Urea padat mudah larut dalam air dan tidak berwarna (bening)



Abis itu dilanjutin sama percobaan kedua: mengukur pH zat. Alatnya simple aja kok! (bangeEtt malah!) CUma kertas ukur pH sama zat ayg mau diukur. Langkah-langkah kami masukkin dulu kertas pH ke dalam air buat mastiin pH air netral (pH=7). Ini berguna agar tahu apakah pH tersebut masih bagus/udah tisak. Habis itu masukin deh kertasnya ke zat yang tadi.. (dalam bentuk larutan yaa...!!)



weits..!! itu larutan ato minuman?? ehem, ehem.. liatin aaah..



jieeeh yg rajinnn.. sap tuch?? hmm.. jd ini berapa gram yak?



Teruus, tinggal dicocokin deh sama indikator pH bedasarkan warna'a..... ni dia contoh data'a...


Data pengamatan .

Nilai pH CO (NH2) (aq) adalah 7

Jadi, sifat zat CO (NH2)2 adalah netral



well, sekian dulu 'proyek' KIR wktu itu disini.. hmm,, bagi mo naruh kritik , saran or masukan lainnya,, silahkan..! ^o^

makasih udah baca.. lain kali mampir yaahh..! =D

0 komentar:

 
.